JudulUpaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Pelajaran IPS Kelas IV SDN 3 Uedele |
Nama: SITI SUBAEDAH |
Tahun: 2019 |
Abstrak Siti Subaedah, 2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Pelajaran IPS Kelas IV SDN 3 Uedele. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan., FKIP, Universitas Tadulako. Pembimbing Bapak Arif Firmansyah. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 3 Uedele Pada Mata Pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Talking Stick untuk mengetahui hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, dalam setiap siklus melalui 4 (empat) tahap yaitu : 1). Perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi dan 4) refleksi. Subyek penelitian ini berjumlah 27 orang yang terdiri dari siswa laki-laki 11 orang dan 16 orang siswa perempuan. Data yang diperoleh adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian dengan menggunakan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 3 Uedele pada mata pelajaran IPS melalui metode Talking Stick mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I nilai rata-rata daya serap klasikal siswa mencapai 66,11% serta ketuntasan belajar klasikal 62,96%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata daya serap klasikal 81,11% serta ketuntasan belajar klasikal mencapai 92,59%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapatdisimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa SDN 3 Uedele pada mata pelajaran IPS. Kata Kunci : Model Pembelajaran Talking Stick, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPS |