JudulPENERAPAN MODEL SCRAMBLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD INPRES 1 TANAMODINDI |
Nama: TAUFIK KURAHMAN |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Taufik Kurahman, 2019. Penerapan Model Scramble dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada mata pelajaran IPS Di Kelas IV SD Inpres 1 Tanamodindi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP, Universitas Tadulako. Pembimbing Bapak Huber Yaspin Tandi. M.Pd Permasalahan penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar yang dimiliki siswa Kelas IV di SD Inpres 1 Tanamodindi pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa penggunaan model Scramble dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Subjek penelitian bejumah 27 orang siswa terdiri atas 8 orang siswa perempuan dan 19 orang siswa laki-laki. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat siklus, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I diperoleh presentase DSK siswa sebesar 66.29% serta presentase KBK sebesar 70,37%. Sedangkan pada siklus II diperoleh presentase DSK siswa sebesar 73,38%, serta presentase KBK sebesar 92,59%. Berdasarkan presentase ketuntasan hasil belajar siswa siklus I dan siklus II, maka telah terjadi peningkatan yaitu pada DSK terjadi peningkatan sebesar 7,09%, sedangkan KBK mengalami peningkatan sebesar 22,22%. Rata-rata aktifitas kegitan guru dan siswa dalam penelitian aktifitas siswa pada sisklus I pertemuan I 84,37% pertemuan II 89,06%, aktivitas guru pertemuan I 84,37% pertemuan II 90,62% meningkat pada siklus II aktevitas siswa pertemuan I 93,75?n pertemuan II 95,31% kategori sangat baik, dan aktivitas guru pertemuan I 92,18?n pertemuan II 96,87% kategori sangat baik. Dengan demikian dapat dismipulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model Scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDInpres 1 Tanamodindi. Kata Kunci : Model Scramble, Hasil belajar, Mata Pelajaran IPS |