Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS SDN UETOLI KEC.AMPANA TETE KAB.TOJO UNA-UNA
Nama: NUGRIANTI
Tahun: 2019
Abstrak
NUGRIANTI, 2019. Hubungan Interaksi Sosial Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Uetoli Kecamatan Ampana Tete Kabupaten Tojo Una-una, Skripsi, Program Studi Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dann Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal, S.Ag, M.Pd. Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah apakah ada Hubungan Interaksi Sosial dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Uetoli Kecamatan Ampana Tete Kabupaten Tojo Una-una. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan Interaksi sosial dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Uetoli. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode korelasi. Sampel yang diambil yaitu kelas V sebanyak 33 orang siswa. Untuk mengumpulkan data digunakan instrument berupa angket yang diberikan kepada siswa kelas V serta melihat nilai Hasil Belajar IPS pada raport siswa. Penelitian ini menggunakan lima alternatif jawaban. Hal tersebut dikarenakan peneliti menganggap alternatif jawaban tersebut sudah dapat mengukur hubungan interaksi sosial dengan hasil belajar siswa kelas V SDN Uetoli. Adapun lima alternatif jawaban yang digunakan pada instrument angket yaitu: Sangat setuju (SS), Setuju (S), Ragu-ragu (RR), Tidak Setuju (TS), Sangat Tidak Setuju (STS). Selanjutnya data yang terkumpul diolah dan dianalisis dengan menggunakan teknik persentase dan korelasi product moment pada taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 33 orang siswa kelas V SDN Uetoli, terdapat 14 siswa atau 42,42% yang berpendapat melakukan interaksi sosial dengan kriteria tinggi, 19 siswa atau 57,58% yang berpendapat melakukan interaksi sosial dengan kriteria sedang, dan tidak ada atau 0% yang berpendapat melakukan interaksi sosial dengan kriteria rendah dan sangat rendah. Selanjutnya untuk hasil belajar IPS siswa terdapat 16 siswa atau 48,49% yang memiliki hasil belajar dengan kriteria baik sekali, 17 siswa atau 51,51% yang memiliki hasil belajar dengan kriteria baik, dan tidak terdapat atau 0% siswa yang memiliki hasil belajar cukup, hasil belajar kurang, dan hasil belajar gagal. Dari hasil pengujian analisis inferensial dengan menggunakan rumus korelasi pada taraf signifikan 5% diperoleh rhitung= 0,672 dikonsultasikan dengan r tabel diperoleh 0,344, dengan demikian r hitung > r tabel atau 0,672 > 0,344. Dengan demikian Ho yang menyatakan tidak ada hubungan interaksi sosial dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Uetoli Kecamatan Ampana Tete Kabupaten Tojo Una-una ditolak. Selanjutnya dapat disimpulkan bahwa ada hubungan interaksi sosial dengan hasil belajar siswa kelas V SDN Uetoli Kecamatan Ampana tete Kabupaten Tojo Una-una. Kata Kunci : Interaksi Sosial, Hasil Belajar IPS ?

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up