JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SBK MATERI MENGGAMBAR MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ( CTL ) PADA SISWA KELAS IV SDN IV SINDUE |
Nama: RISCA OLIVIANA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Risca Oliviana, 2021. “ Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SBK Materi Menggambar Melalui Model Contextual Teaching And Learning ( CTL ) Pada Siswa Kelas IV SDN 4 Sindue”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Yun Ratna Lagandesa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan meninggkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBK materi menggambar melalui model CTL (Contextual Teaching and Learning) pada siswa Kelas IV SDN 4 Sindue. Rancangan penelitian ini mengacu pada model penelitian tindakan kelas yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc.Taggart yang terdiri atas empat komponen perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Metode yang digunakan adalah CTL. Subjek penilitian ini adalah Sdn 4 Sindue, setting penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 23 siswa yang dimana laki-lakinya berjumlah 13 orang dan perempuan berjumlah 10 orang. Data yang dikumpulkan dengan teknik tes dan observasi yang bersumber dari siswa. Selanjutnya data yang sudah dikumpulkan dianalisis dengan cara deskriptif dengan rumus presentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui tes evaluasi akhir dari setiap siklus, diperoleh daya serap klasikal pada siklus I yaitu 13,04% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 91,3%. Hasil observasi aktifitas guru pada siklus I diperoleh rata-rata 32,8% termaksut kategori kurang, mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 81,4% kategori baik. Hasil observasi siswa siklus I diperoleh persentase rata-rata 47%, kategori cukup, mengalami peningkatan siklus II yaitu menjadi 76,6% kategori baik Dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan model CTL dapat meningktakan hasil belajar siswa Kelas IV SDN 4 Sindue dalam materi menggambar. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model CTL ( Contextual Teaching and Learning ) menggambar kolase. |