Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHubungan Interaksi Sosial Terhadap Prestasi Belajar Ips Di Kelas IV SD Inpres 2 Kamonji
Nama: JULIA ARFIANA
Tahun: 2019
Abstrak
Julia Arfiana (2019).Hubungan Interaksi Sosial Terhadap Prestasi Belajar Ips di Kelas IV SD Inpres 2 Kamonji. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Bapak Arif Firmansyah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana interaksi social yang terjadi terhadap prestasi belajar IPS siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara interaksi social terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD Inpres 2 Kamonji Palu. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan rumus P =f/n x 100 ?n korelasi product moment. Sampel yang digunakan berjumlah 31 responden. Instrumen yang digunakan dalam proses penelitian yaitu menggunakan angket untuk memperoleh data tentang interaksi sosial dengan prestasi belajar IPS siswa. Analisis pencapaian skor siswa menunjukan bahwa presentase perolehan yaitu 80,16?lam prestasi belajar. Berdasarkan data hasil angket interaksi sosial disekolah terdapat prestasi belajar IPS menunjukan interaksi sosial di sekolah yaitu 61,61%. Sementara prestasi belajar siswa di kelas IV SD Inpres 2 Kamonji dimana dari 31 orang siswa terdapat 7 orang siswa atau 22,5% mendapat nilai sangat tinggi dan 24 orang siswa atau 77,4% mendapatkan nilai tinggi. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa hipotesis penelitian yang diajukan dengan menggunkan menggunakan korelasi product moment dalam kolom signifikan 5% diperoleh r tabel = 0,355, bila dibandingkan dengan r hitung = 0,839 ternyata r hitung lebih besar dibandingkan dengan r tabel pada signifikan 5%. Hal ini berarti hasil analisis diatas menunjukan ada hubungan yang positif dan signifikan antara interaksi sosial siswa dengan prestasi belajar IPS siswa (r hitung = 0,839 > 0,355). Kata kunci :Interaksi Sosial, Prestasi Belajar IPS.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up