Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Audio Visual Dalam Pembelajaran SBdP Di Kelas V SD Inpres Bumi Sagu
Nama: DINI STIVANA
Tahun: 2019
Abstrak
DINI STIVANA (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Audio Visual Dalam Pembelajaran SBdP di Kelas V SD Inpres Bumi Sagu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : Yun Ratna Lagandesa Permasalahan pokok pada penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran SBdP di kelas V SD Inpres Bumi Sagu?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui media audio visual dalam pembelajaran SBdP di kelas V Sd Inpres Bumi Sagu. Desain penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan dalam dua siklus, yang setiap siklus melalui 4 tahap yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SD Inpres Bumi Sagu dengan jumlah siswa 27 orang Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar tes individu dan observasi kegiatan yang dilakukan siswa dan guru. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa di lihat dari hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswa pada tes awal presentase nilai rata-rata 52,46 %. Dan setelah melakukan tindakan di siklus I presentase nilai rata–rata menjadi meningkat yaitu mencapai 69,81%. Dan ketika dilakukan kembali tindakan di siklus II presentase nilai rata– rata siswa meningkat lagi menjadi 82,59%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui media audio visual dalam pembelajaran SBdP di kelas V SD Inpres Bumi Sagu. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Media Audio Visual, Pembelajaran SBdP

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up