JudulHubungan Kompetensi Sosial Guru Dengan Hasil Belajar Siswa Di SDN 2 Palu Pada Mata Pelajaran PKn |
Nama: JASRIN R NUPURA |
Tahun: 2019 |
Abstrak Jasrin R Nupura, 2019. Hubungan Kompetensi Sosial guru dengan hasil belajar siswa di SDN 2 Palu pada mata pelajaran PKn. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP, Universitas Tadulako. Pembimbing : Bapak Arif Firmansyah Permasalahan pokok penelitian adalah kurangnya kompetensi sosial guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan positif antara kompetensi sosial guru dengan hasil belajar siswa di SDN 2 Palu pada mata pelajaran PKn. Pengumpulan datanya menggunakan teknik angket, wawancara dan dokumentasi. Sampel yang digunakandalam penelitian ini berjumkah 35 siswa. Instrument yang digunakan adalah angket untuk memperoleh data tentang kompetensi sosial guru dengan hasil belajar siswa. Analisis data penelitian dengan teknik presesntase, sedangkan untuk menguji hipotesis digunakan teknik korelasi Product Moment pada taraf signifikasi 5?ngan taraf kepercayaan 95?n df = (n-2). Berdasarkan hasil pengolahan telah diperoleh 26 siswa atau 74% yang menyatakan kompetensi sosial guru sangat tinggi, dan 9 siswa atau 26% yang menyatakan kompetensi sosial guru baik. Sedangkan untuk hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn yaitu 75% mendapatkan kriteria baik sekali, 25% siswa yang hasil belajar PKn nya mendapat kriteria baik. Pengujian hipotesis menunjukan r_hit >r tabel atau 0,408>0,344. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi sosial guru dengan hasil belajar siswa di SDN 2 Palu pada mata pelajaran PKn. Kata kunci : Kompetensi Sosial Guru, Hasil Belajar Siswa, Mata Pelajaran PKn. |