Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI SENI RUPA TERAPAN MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS PADA SISWA KELAS IV SDN WATUSAMPU
Nama: HAJNA
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Hajna (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Materi Seni Rupa Terapan Melalui Metode Pemberian Tugas Pada Siswa Kelas IV SDN Watusampu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Yun Ratna Lagandesa Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Watusampu pada mata pelajaran seni budaya dan keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa penggunaan metode pemberian tugas dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran seni budaya dan keterampilan pada siswa kelas IV SDN Watusampu. Subyek penelitian berjumlah 31 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh hasil siswa yang tuntas 12 orang dengan persentase sebesar 38,71% Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yang signisikan pada hasil belajar yaitu siswa yang tuntas 29 orang dengan persentase 93,55?n hanya 2 orang yang belum tuntas hal ini menunjukkan persentase peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 54,84%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pemberian tugas yang diterapkan dalam pembelajaran seni budaya dan keterampilan dapat meningkatkan kemampuan belajar pada siswa kelas IV SDN Watusampu. Kata kunci : Hasil Belajar, Metode Pemberian Tugas

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up