Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING KELAS V SD INPRES BARU
Nama: Nurgita Sari
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Nurgita Sari, 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Metode Pembelajaran Discovery Learning Kelas V SD Inpres Baru, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP, Universitas Tadulako. Pembimbing Arif Firmansyah Permasalahan penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar yang dimiliki siswa. Penelitian ini menggunakan metode Discovery Learning. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar yang dimilki siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan di SD Inpres Baru, melibatkan 34 orang siswa terdiri atas 20 orang siswa perempuan dan 14 orang siswa laki-laki yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019, menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I diperoleh presentase daya serap klasikal siswa sebesar 69,70 % serta presentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 70,58 %. Sedangkan pada siklus II diperoleh presentase daya serap klasiakl siswa sebesar 80,58 %, serta presentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 94,11 %. Berdasarkan presentase ketuntasan hasil belajar siswa siklus I dan siklus II, maka telah terjadi peningkatan yang signifikan yaitu pada DSK terjadi peningkatan sebesar 13,53 %, sedangkan KBK mengalami peningkatan sebesar 0,88 %. Rata-rata aktivitas kegiatan guru dan siswa dalam penelitian aktivitas siswa pada siklus I pertemuan I 87% pertemuan II 89%, aktivitas guru pertemuan I 90% pertemuan II 91% meningkat pada siklus II aktivitas siswa pertemuan I 90% dan pertemuan II 95,23% kategori sangat baik, dan aktivitas guru pertemuan I 91% dan pertemuan II 95,23% kategori sangat baik. Dengan demikian dapat dismipulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui metode pembelajaran Discovery Learning kelas V SD Inpres Baru. Kata Kunci : Meningkatkan Hasil Belajar, Metode Discovery Learning

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up