JudulMENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN DENGAN TEKNIK MENGGAMBAR SILUET KELAS V SD INPRES SALUA |
Nama: DIAN MONICA |
Tahun: 2021 |
Abstrak Dian Monica, 2021. Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan dengan Teknik Menggambar Siluet. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas siswa melalui aktivitas menggambar dengan menggunakan teknik menggambar siluet.Pada siswa kelas V SD Inpres Salua. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 30 siswa. Metode penilitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Mc. Taggart dengan empat tahap setiap siklusnya yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi. Teknik pengambilan data melalui hasil pemantauan tindakan, analisis kegiatan pembelajaran, catatan lapangan, serta pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi/foto yang diambil pada saat proses pembelajaran. Hasil kreativitas menggambar siluet yang diperoleh pada siklus I adalah 31.65?n siklus II adalah 85%. Adapun persentase rata- rata data pemantau tindakan siklus I adalah 85?n siklus II adalah 95%. Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan teknik menggambar siluet dapat meningkatkan kreativitas siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah melalui teknik menggambar siluet dalam pembelajajaran seni budaya dan keterampilan dapat dijadikan salah satu alternatif untuk meningkatkan kreatvitas menggambar dengan teknik menggambar siluet siswa kelas V SD Inpres Salua. Kata Kunci : Kreativitas, Pembelajaran Seni Budaya, Menggambar Siluet |