Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPEMANFAATAN MEDIA POP-UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS III SD INPRES BARU
Nama: DIAN NITAMI RUKMANA PAERI
Tahun: 2022
Abstrak
Dian Nitami Rukmana Paeri, 2022. Pemanfaatan Media Pembelajaran Pop-up Book untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika di Kelas III SD Inpres Baru. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing Akina. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah media pembelajaran Pop-up book dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran matematika di kelas III SD Inpres Baru. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rancangan penelitian tindakan kelas ini mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggar yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus meliputi beberapa tahap yaitu : (1) Pratindakan, (2) Rencana, (3) Pelaksanaan (4) Observasi, (5) Refleksi. Penelitian ini dilakukan di SD Inpres Baru, pada tahun ajaran 2018/2019 dan subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas III SD Inpres Baru sebanyak 16 siswa, penelitian ini menggunakan 2 jenis data yaitu data kuantitatif (data berupa angka-angka yang diperoleh dari hasil evaluasi akhir siswa menggunakan tes) dan kualitatif (data yang diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa). Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa yang di ambil dalam pemberian soal tes awal dan akhir siklus, kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran diambil dari lembar observasi kegiatan guru dan aktivitas siswa yang diambil dari lembar observasi kegiatan siswa. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan nilai rata-rata siswa mencapai 68,87, kentutasan belajar klasikal mencapai 43,75%, serta hasil observasi aktivitas guru 68?ngan kategori cukup dan hasil observasi aktivitas siswa 69?ngan kategori cukup. Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 87 dengan ketuntasan ketuntasan belajar klasikal mencapai 87,5%, serta hasil observasi aktivitas guru 89?ngan kategori baik dan hasil observasi aktivitas siswa 91?ngan kategori sangat baik. Hal ini menunjukan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran Pop-up Book hasil pembelajaran matematika siswa di kelas III SD Inpres Baru dapat meningkat. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Media Pop-up Book, Pembelajaran Matematika

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up