Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMeningkatkan Kemampuan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SBK Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Kelas V SDN 2 Palu
Nama: Ardian
Tahun: 2019
Abstrak
Ardian (2019), Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SBk Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Kelas V SDN 2 Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Yun Ratna Lagandesa. Permasalahan penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBK. Penelitian ini menggunakan gambar sebagai media pembelajaran untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBK. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan Kemmis dan MC Taggart. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 41 siswa. Data yang diperoleh adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian dengan menggunakan media gambar menunjukan terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil penelitan pada siklus I menunjukan presentase Daya Serap Klasikal (DSK) siswa sebesar 70, 73 % serta presentase Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK ) sebesar 75, 60 %. Sedangkan pada siklus II diperoleh presentase Daya Serap Klasikal (DSK) siswa sebesar 83,78 % serta ketuntasan belajar klasikal (KBK) sebesar 95, 12 %. Berdasarkan presentase ketuntasan hasil belajar siklus I dan siklus II, maka telah terjadi peningkatan yang cukup signifikan yaitu pada DSK terjadi peningkatan sebesar 13, 05 %. Begitu pula pada KBK terjadi peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 19, 52 %. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Palu pada mata pelajaran SBK. Kata Kunci : Media Gambar, Hasil Belajar, Mata Pelajaran SBK

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up