Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas V SD Inpres 008 Lilimori
Nama: Yogi Hanadi
Tahun: 2019
Abstrak
Yogi Hanadi, 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SD Inpres 008 Lilimori. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus dan diterapkan pada siswa kelas V SD Inpres 008 Lilimori dengan jumlah 25 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada dua siklus, setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu 1) perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi dan 4) refleksi. Hasil belajar siklus I banyak siswa yang tuntas adalah 14 dan siswa yang tidak tuntas adalah 11 dengan persentase tuntas klasikal sebesar 56?n daya serap klasikal sebesar 67,6% serta nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 67,6%. Pada siklus II banyak siswa yang tuntas adalah 21 dan siswa yang tidak tuntas adalah 4 dengan persentase tuntas klasikal sebesar 84?n persentase daya serap klasikal sebesar 80,4% serta nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 80,4%. Hasil observasi aktivitas guru siklus I sebesar 71,66% dikategorikan baik dan siklus II yaitu 88,33% dikategorikan sangat baik. Sedangan hasil observasi aktivitas siswa siklus I sebesar 75?n siklus II yaitu 90% dikategorikan sangat baik. Hasil ini menunjukkan bahwa jika diterapkan model pembelajaran contextual teaching and learning dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Inpres 008 Lilimori Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Mata Pelajaran IPS

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up