JudulPENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS Va SDN INPRES 3 TONDO |
Nama: Yuli Makarau |
Tahun: 2019 |
Abstrak Yuli Makarau. 2019. Penerapan Metode Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas Va SDN Inpres 3 Tondo. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Samsurizal M. Suleman. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan metode Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas Va SDN Inpres 3 Tondo ?. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas Va SDN Inpres 3 Tondo. Desain penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari 4 tahap, yaitu : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus pada siswa kelas Va SDN Inpres 3 Tondo dengan jumlah 24 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, hasil belajar siklus I ketuntasan belajar klasikal sebesar 50?n siklus II yaitu 87,5%. Presentase hasil observasi kegiatan guru pada siklus I sebesar 74% dikategorikan baik dan siklus II sebesar 86% dikategorikan sangat baik. Sedangkan hasil observasi kegiatan siswa pada siklus I sebesar 62% dikategorikan cukup dan pada siklus II sebesar 88% dikategorikan sangat baik. Hal ini menunjukan bahwa penerapan metode Index Card Match pada mata pelajaran IPA materi Pembentukan Tanah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas Va SDN Inpres 3 Tondo. Kata Kunci : Metode Index Card Match, Hasil Belajar, IPA |