Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMeningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme Di Kelas IV SDN Tanamodindi Palu
Nama: ANISA DIAH PERMATA
Tahun: 2019
Abstrak
Anisa Diah Permata (2019). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas IV SDN Tanamodindi Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Arif Firmansyah Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa kelas IV SDN Tanamodindi pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa penggunaan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar IPS melalui motivasi siswa mata pelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN Tanamodindi. Subyek penelitian berjumlah 22 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan persentase daya serap klasikal (DSK) siswa sebesar 67,27% serta persentase ketuntasan belajar klasikal (KBK) siswa sebesar 45,45%. Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase daya serap klasikal (DSK) siswa sebesar 79,77%, serta persentase ketuntasan belajar klasikal (KBK) siswa sebesar 86,36%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar bidang studi IPS dapat ditingkatkan dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme pada siswa kelas IV SDN Tanamodindi. Kata kunci : Motivasi Belajar, Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme, Mata Pelajaran IPS

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up