Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Pada Materi Pecahan Di Kelas V SDN 27 Palu
Nama: I Kadek Darmayasa
Tahun: 2019
Abstrak
I Kadek Darmayasa. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Pada Materi Pecahan Di Kelas V SDN 27 Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Hj. Akina. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pecahan di kelas V SDN 27 Palu?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pecahan. Desain penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari 4 tahap, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus dan diterapkan pada siswa kelas V SDN 27 Palu dengan jumlah 30 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, hasil belajar siklus I ketuntasan belajar klasikal sebesar 66,6?n siklus II yaitu 96,6%. Persentase hasil observasi kegiatan guru siklus I sebesar 79% dikategorikan baik dan siklus II sebesar 93% dikategorikan sangat baik. Sedangkan hasil observasi kegiatan siswa sikus I sebesar 69,5% dikategorikan baik dan siklus II sebesar 90% dikategorikan sangat baik. Hal ini menunjukan bahwa jika diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) pada materi pecahan maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 27 Palu. Kata Kunci : Hasil belajar, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI), Pecahan.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up