Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHubungan Kreativitas Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SDN 1 Bambalamotu
Nama: SULMAYANTI
Tahun: 2019
Abstrak
Sulmayanti, (2019), Hubungan Kreativitas Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SDN 1 Bambalamotu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Mufidah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan kreativitas mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SDN 1 Bambalamotu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan kreativitas mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SDN 1 Bambalamotu. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VA SDN 1 Bambalamotu dengan jumlah total 20 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, angket dan dokumentasi. Data prestasi belajar siswa diperoleh data nilai raport siswa pada semester ganjil. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kreativitas mengajar guru di SDN 1 Bambalamotu termasuk dalam kategori sangat baik, terdapat 16 siswa atau 80% yang menyatakan kreativitas mengajar guru sangat tinggi dan 4 siswa atau 20% yang menyatakan kreativitas guru tinggi, (2) Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V termasuk dalam kategori baik terdapat 9 siswa atau 45% yang prestasi belajar matematikanya mendapatkan predikat baik sekali dan 11 siswa atau 55% yang prestasi belajar matematikanya mendapatkan predikat baik, (3) terdapat hubungan yang signifikan antara kreativitas mengajar guru dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai rhitung> rtabel = 0,5755 > 0,4488 pada taraf signifikasi 95% atau ? = 0,05 dan n-2 = 18 (20-2). Nilai koefesien korelasi ini jika diinterpretasikan pada nilai interpretasi koefesien korelasi dapat dikategorikan “sedang” tingkat pengaruhnya. Berdasarkan hal tersebut maka hipotesis (H1) “diterima”, dengan demikan ada hubungan kreativitas mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SDN 1 Bambalamotu Kata Kunci : Kreativitas Mengajar Guru, Matematika, Prestasi belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up