JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS III SD INPRES 3 KAYU AGUNG |
Nama: Ridwan |
Tahun: 2019 |
Abstrak Ridwan. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas III SD Inpres 3 Kayu Agung. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKN dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing di kelas III SD Inpres 3 Kayu Agung. Penelitian ini menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SD Inpres 3 Kayu agung dengan melibatkan 21 orang siswa terdiri atas 10 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai ketuntasan belajar klasikal sebesar 76,19?n daya serap klasikal sebesar 67,14%. Sedangkan pada hasil belajar siklus II diperoleh nilai ketuntasan belajar klasikal sebesar 85,71?n daya serap klasikal sebesar 80,95%. Untuk hasil observasi pada siklus I, aktivitas siswa berada pada kategori baik (78,84%) dan aktivitas guru berada pada kategori sangat baik (92,85%). Sedangkan hasil observasi siklus II, aktivitas siswa berada pada kategori baik (85,57%) dan aktivitas guru berada Pada kategori sangat baik (97,31%). Berdasarkan indikator keberhasilan, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar PKN siswa kelas III SD Inpres 3 Kayu Agung. Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, Snowball Throwing, Hasil Belajar PKN |