Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SD Inpres Baru
Nama: MUSAFIR
Tahun: 2019
Abstrak
Musafir, 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SD Inpres Baru. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako Palu, Dosen Pembimbing Ratman. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing di kelas V SD Inpres Baru. Subyek penelitian terdiri dari siswa kelas V SD Inpres baru yang berjumlah 20 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), terdiri dari empat tahap yang mengacu pada model kemmis dan mc taggar yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh, yaitu pada siklus I hasil observasi aktivitas guru diperoleh 55%, hasil observasi aktivitas siswa diperoleh 70%, ketuntasan klasikal sebesar 55?n daya serap klasikal 73?ngan rata-rata hasil belajar 73. Pada siklus II diperoleh hasil yang lebih baik lagi dari siklus I, yaitu persentase observasi aktivitas guru diperoleh 86%, persentase aktivitas siswa diperoleh 91%, ketuntasan klasikal 90%, daya serap klasikal mencapai 86?n rata-rata hasil belajar 86. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran snowball throwing di kelas V SD Inpres Baru. Kata kunci: Hasil belajar, Model Pembelajaran Snowball Throwing

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up