| JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD INPRES 2 TINOMBALA |
| Nama: Wiwik Stiawati |
| Tahun: 2019 |
| Abstrak Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing di kelas V SD Inpres 2 Tinombala. Penelitian ini menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SD Inpres 2 Tinombala dengan melibatkan 25 orang siswa terdiri atas 11 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai ketuntasan belajar klasikal sebesar 64% dan nilai rata-rata 67. Sedangkan pada hasil belajar siklus II diperoleh nilai ketuntasan belajar klasikal sebesar 84% dan nilai rata-rata 74,6. Untuk hasil observasi pada siklus I, aktivitas siswa berada pada kategori cukup (66,66%) dan aktivitas guru berada pada kategori baik (77,75%). Sedangkan hasil observasi siklus II, aktivitas siswa berada pada kategori baik (85,29%) dan aktivitas guru berada Pada kategori sangat baik (90,43%). Berdasarkan indikator keberhasilan, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Inpres 2 Tinombala. |