JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH KELAS V SDN 2 PALU |
Nama: ANDI IRSADI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK ANDI IRSADI (2020).Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata pelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Kelas V SDN 2 Palu . Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Arif Firmansyah S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Palu pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN 2 Palu. Subyek penelitian berjumlah 34 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan presentase daya serap klasikal (DSK) siswa sebesar 63,08% serta presentase ketuntasan belajar klasikal (KBK) siswa sebesar 64,70%. Sedangkan pada siklus II diperoleh presentase daya serap klasikal (DSK) siswa sebesar 75,88%, serta presentase ketuntasan belajar klasikal (KBK) siswa sebesar 79.41%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar bidang studi IPS dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas V SDN 2 Palu. Kata kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Mata Pelajaran IPS. |