JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD INPRES LELUMPANG |
Nama: A40115043 |
Tahun: 2019 |
Abstrak Nur Fara Farida (2019), Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SD Inpres Lelumpang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Huber Yaspin Tandi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Inpres Lelumpang dengan menerapkan model pembelajaran Course Review Horay. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Lelumpang dengan melibatkan 19 siswa pada tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini terdiri atas dua siklus. Dimana setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 42,105 ?n daya serap klasikal 62,631 ?n siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 100 ?n daya serap klasikal 83,684 % sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Inpres Lelumpang. Kata Kunci : Model Pembelajaran Course Review Horay, Hasil Belajar Siswa |