Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV Di SD Inpres 1 Tada
Nama: Unika Zahra
Tahun: 2019
Abstrak
Unika Zahra, 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV di SD Inpres 1 Tada. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Arif Firmansyah. Rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV dapat dikatakan rendah, dari 27 jumlah siswa, hanya 10 orang siswa mendapatkan nilai di atas 65% atau dengan rata-rata persentase mencapai 33,33% pada ketuntasan belajar klasikal dan pada daya serap individu hanya mencapai persentase nilai rata-rata 57,33%, tentunya hal ini tidak mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) siswa, yaitu 65?n ketuntasan belajar klasikal 85%. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Inpres 1 Tada. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan berakhir pada siklus II karena dinyatakan telah berhasil, dimana tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas IV SD Inpres 1 Tada berjumlah 27 siswa. observasi siswa siklus 1 pertemuan 1 dikategorikan cukup karena presentasenya hanya mencapai 68,75%. pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan persentase KBK sebesar 85,18?ngan siswa yang tuntas berjumalah 23 siswa dari 27 siswa. Kata Kunci: Penerapan model kooperatif tipe STAD. Hasil Belajar IPS.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up