| JudulHUBUNGAN ANTARA KINERJA GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRES 2 NAMBARU |
| Nama: Ni Made Fitri Widya |
| Tahun: 2019 |
| Abstrak Masalah dalam penelitian ini yaitu : kinerja guru belum maksimal. Adapun tujuan penelitian ini adalah : Untuk mengetahui hubungan antara kinerja guru dengan prestasi belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V di SD Inpres 2 Nambaru yang berjumlah 16 orang yang terdiri dari 5 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, dan angket. Untuk menganalisis data yang diperoleh dari lokasi penelitian digunakan 2 teknik yaitu teknik deskriptif dan teknik inferensial yang dimaksudkan untuk memberikan gambaran tentang Hubungan Antara Kinerja Guru dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Inpres 2 Nambaru dengan menggunakan persentase (%) kemudian dinarasikan untuk mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 16 orang siswa, terdapat 3 orang siswa atau 18,75% yang menyatakan kinerja guru sangat baik dan 13 orang siswa atau 81,25% yang menyatakan kinerja guru baik. Sedangkan untuk prestasi belajar siswa dari 16 orang siswa, terdapat 5 siswa atau 31,25% prestasi belajarnya baik sekali dan 11 orang siswa atau 68,75% prestasi belajarnya baik. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kinerja guru dengan prestasi belajar siswa maka dikonsultasikan pada taraf siginifikan ????95% dengan kriteria pengujian yaitu apabila rhitung < rtabel, maka Ho (hipotesis nol) diterima dan Ha (hipotesis alternatif) ditolak, dan apabila rhitung ? rtabel, maka Ho (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Berdasarkan data yang ditemukan dalam penelitian ini, bahwa analisis korelasional yang dikonsultasikan pada taraf signifikan ????95% diperoleh rhitung > rtabel, atau 0,604 > 0,497. Artinya Ha (hipotesis alternatif) diterima dan Ho (hipotesis nol) ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kinerja guru dengan prestasi belajar siswa kelas V SD Inpres 2 Nambaru. |