Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 2 TALISE
Nama: MUTMAINNA
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Mutmainna (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head together (NHT) pada mata pelajaran IPA Kelas IV SDN 2 Talise. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Ratman. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV SDN 2 Talise melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head together (NHT) . Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan di kelas IV SDN 2 Talise. Subyek penelitian melibatkan 23 siswa yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukan hasil tes pra tindakan dengan persentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 43,47?n daya serap klasikal 62,60%. Siklus I dengan perolehan persentase ketuntasan klasikal 78,26?n daya serap klasikal 71,73%. Hasil observasi kegiatan guru siklus I mencapai 72,22?ngan kriteria cukup dan hasil observasi kegiatan siswa pada siklus I mencapai 70,83?ngan kategori cukup. Hasil siklus I belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal pada penelitian ini yaitu 70 dan Kriteria Ketuntasan Klasikal yaitu 70%, sehingga lanjut pada siklus II. Pada siklus II persentasi Ketuntasan Klasikal mencapai 95,65?n daya Serap Klasikal 84,34% serta hasil observasi kegiatan guru mencapai 90,27?ngan kriteria sangat baik dan hasil observasi kegiatan siswa mencapai 88,88?ngan kategori sangat baik. Berdasarkan peningkatan hasil belajar, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Talise. Kata Kunci : Hasil Belajar IPA, Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up