JudulHUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MI SIS ALJUFRI PALU SELATAN |
Nama: Riska Asdin |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Riska Asdin. Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V MI SIS Aljufri Palu Selatan. Skripsi, program pendidikan Guru sekolah dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Rizal Permasalahan pokok penelitian ini adalah kurangnya kompetensi pedagogik guru di MI SISAljufri Palu Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar siswa kelas V MI Sis Aljufri Palu Selatan. Hasil analisis dan penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Subjek penelitian dilaksanakan di MI Sis Aljufri Palu Selatan dikelas V dengan jumlah 20 siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan teknik presentase, sedangkan untuk menguji hipotesis menggunakan analisis inferensial dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan pengelolaannya telah diperoleh 15 siswa atau 75% yang menyatakan kompetensi pedagogik guru tinggi dan 5 siswa atau 25% yang menyatakan kompetensi pedagogik guru cukup. Sedangkan untuk hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS yaitu 12 siswa atau 60% siswa yang hasil belajar IPS mendapat nilai sangat tinggi, 6 siswa atau 30% siswa yang hasil belajar IPS mendapat nilai tinggi dan 2 siswa atau 10% siswa yang mendapatkan hasil belajar IPS mendapat nilai Cukup. Pengujian hipotesis menunjukan bahwa Hasil menunjukkan r hitung > r tabel yaitu 0,608 > 0,444. Hal ini berarti hasil analisis diatas menunjukkan bahwa hubungan antara kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa kelas V MI SIS Aljufri Palu Selatan dinyatakan diterima. Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik Guru, Hasil Belajar Siswa, Mata pelajaran IPS ? |