Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVICION (STAD) DI KELAS V SD INPRES LELUMPANG
Nama: Astika
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Astika, 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sifat-sifat Bangun Datar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divicion (STAD) di Kelas V SD Inpres Lelumpang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas KeguruandanIlmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Hj. Akina. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat bangun datar di kelas V SD Inpres Lelumpang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperaatif tipe STAD yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat bangun datar di kelas V SD Inpres Lelumpang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Siklus tersebut menggunakan empat tahap PTK yang mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan diterapkan pada siswa kelas V SD Inpres Lelumpang dengan jumlah siswa 19 siswa, 14 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil belajar siklus I ketuntasan belajar klasikal sebesar 52,63 ?n siklus II yaitu78,94%. Persentase hasil observasi kegiatan guru siklus I sebesar 81,6% dikategorikan baik dan siklus II yaitu 88,3% dikategorikan baik. Sedangkan persentase hasil observasi kegiatan siswa siklus I sebesar 61,66% dikategorikan cukup dan siklus II yaitu 85% dikategorikan baik. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat bangun datar di kelas V SD Inpres Lelumpang. Kata kunci: Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar, Sifat- sifat Bangun Datar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up