JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IV SDN 10 PANTOLOAN |
Nama: Wini Dewi Puspitasari |
Tahun: 2019 |
Abstrak Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 10 Pantoloan pada Mata Pelajaran IPS – Pokok Bahasan Perkembangan Teknologi. Salah satu penyebab utama rendahnya hasil belajar siswa karena metode mengajar yang digunakan oleh guru dalam mengajar cenderung monoton dan pengajaran masih berpusat pada Guru (Teacher Center) yang mengakibatkan kurang berminatnya siswa dalam mengikuti pembelajaran. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, maka peneliti menerapkan metode belajar kooperatif tipe Two Stay Two Stray dalam menyajikan pembelajaran IPS- pada kelas IV SDN 10 Pantoloan. Dari hasil penelitian yang dilakukan presentase ketuntasan belajar kasikal pada siklus I hanya mencapai 73,07?ri standar ketuntasan belajar klasikal yang telah ditentukan yaitu minimal 80%. Jumlah siswa yang tidak tuntas berjumlah 7 orang dari 26 siswa, ini berarti bahwa hasil yang diperoleh siswa tidak sesuai dengan yang diharapkan. Keadaan tersebut dikarenakan pada tes akhir tindakan, ada beberapa siswa yang salah dalam beberapa tes yang diberikan. Pada siklus II ketuntasan belajar klasikal mecapai 92,30%. jumlah siswa yang tidak tuntas 2 orang. Berdasarkan data tersebut dapat dikatakan bahwa hasil belajar siswa mencapai target yang ditetapkan. Setiap pertemuan pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray menunjukkan peningkatan hasil belajar. Hal ini berdasarkan hasil analisis tes hasil belajar dengan ketuntasan klasikal mencapai 92,30% serta hasil analisis aktivitas siswa 93,74?ngan kategori sangat baik. |