JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING KELAS IV SDN TATARI |
Nama: Fita Sari Dewi |
Tahun: 2019 |
Abstrak Fita Sari Dewi.2019.Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Student Fasilitator and Explaining Di Kelas IV SDN Tatari. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing I: Rizal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas IV SDN Tatari. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Fasilitator and Explaining. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Adapun tahapan dalam penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pada tes awal siswa yang tuntas 3 orang dengan presentase ketuntasan klasikal 25?n daya serap klasikal 54,1 %. Pada siklus I siswa yang tuntas 9 orang dengan presentase ketuntasan klasikal 75?n daya serap klasikal 68,33%. Hasil observasi aktivitas siswa sebesar 60?n hasil observasi aktivitas guru sebesar 66%. Pada siklus II siswa yang tuntas meningkat menjadi 12 orang siswa dengan presentase tuntas klasikal 100?n daya serap klasikal 81,25%. Hasil observasi aktivitas siswa meningkat menjadi 74?n hasil observasi untuk aktivitas guru meningkat menjadi 80%. Berdasarkan daya serap klasikal minimal 65?n ketuntasan belajar klasikal minimal 80% pada kegiatan pembelajaran siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Fasilitator and Explaining dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV di SDN Tatari. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Tipe Student Fasilitator and Explaining |