Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengungkapkan Pendapat Siswa Kelas VA SD Inpres Tavanjuka
Nama: STEVANI DAVID
Tahun: 2019
Abstrak
Stevani David, 2019. Penerapan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Kemampuan Mengungkapkan Pendapat Siswa Kelas VA SD Inpres Tavanjuka. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Efendi. Permasalahan pokok dalam penelitian ini, yaitu rendahnya kemampuan mengungkapkan pendapat siswa kelas VA SD Inpres Tavanjuka. Penelitian ini menggunakan metode Diskusi. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan mengungkapkan pendapat siswa melalui metode Diskusi. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VA SD Inpres Tavanjuka. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian menggunakan model Kemmis & Mc. Taggart yang terdiri atas 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes setiap akhir tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya serap klasikal (DSK) mengungkapkan pendapat siswa pada siklus I diperoleh sebesar 71.95?n ketuntasan belajar klasikal (KBK) sebesar 78.26%. Pada siklus II meningkat dengan perolehan daya serap klasikal (DSK) mengungkapkan pendapat siswa 76.73?n ketuntasan belajar klasikal (KBK) mencapai 91.30%. Berdasarkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa siklus I dan siklus II, telah terjadi peningkatan yang signifikan, yaitu pada DSK mengalami peningkatan sebesar 4.78%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode Diskusi dapat meningkatkan kemampuan mengungkapkan pendapat siswa kelas VA SD Inpres Tavanjuka. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini dapat diterima. Kata Kunci : Metode Diskusi, Kemampuan Mengungkapkan Pendapat

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up