Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS V SD INPRES 3 TONDO
Nama: Siti Ayu M. Darise
Tahun: 2019
Abstrak
Siti Ayu Marfu’ah Darise. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Kelas V SD Inpres 3 Tondo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Arif Firmansyah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Model pembelajaran ini terdiri dari 6 fase yaitu: 1) menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, 2) pembagian kelompok, 3) presentasi dari guru, 4) kegiatan belajar tim, 5) evaluasi, dan 6) memberikan penghargaan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Kriteria ketuntasan minimal pada penelitian ini yaitu 75, dan ketuntasan belajar klsikal sebesar 80%. Tindakan aktivitas guru (peneliti) dan siswa dikatakan berhasil apabila berada pada kategori baik. Hasil penelitian Siklus I dengan materi organisasi diperoleh ketuntasan belajar klasikal yaitu 62,5% dengan daya serap klasikal 72,81%. Hasil observasi aktivitas guru (peneliti) dalam kategori cukup dengan persentase 76% dan hasil observasi aktivitas siswa dalam kategori cukup dengan persentase 50%. Hasil Siklus II dengan materi menaati dan menghargai keputusan bersama diperoleh ketuntasan belajar klasikal yaitu 81,25% dengan daya serap klasikal 81,18%. Hasil observasi aktivitas guru (peneliti) dalam kategori sangat baik dengan persentase 97,33% dan aktivitas siswa dalam kategori sangat baik dengan persentase 50%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PKn siswa di kelas V SD Inpres 3 Tondo. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif , Tipe STAD, Hasil Belajar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up