Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN STARTEGI ROLE PLAYING UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN SINEY
Nama: Rahayu
Tahun: 2019
Abstrak
Rahayu 2019.Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Role Playing Di kelas IV SDN Siney. Skripsi,Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing(I) Arif Firmansyah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas IV SDN Siney. Tujuan peneitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Siney dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Role Playing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus adapun tahapan dalam penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa, hasil observasi aktivitas guru dan siswa diambil dari lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa pada tes awal siswa yang tuntas 3 orang dengan presentase ketuntasan klasikal 25?n daya serap klasikal 58,3% pada siklus I siswa yang tuntas 8 orangdengan presentase ketuntasan klasikal 66?n daya serap klasikal 67,5%. Hasil observasi aktivitas siswa sebesar 60?n hasil observasi aktivitas guru sebesar 66% . Pada siklus II siswa yang tuntas mningkat menjadi 12 orang siswa dengan presentase tuntas klasikal 100?n daya serap klasikal 87,5% . Hasil observasi aktivitas siswa meningkat menjadi 74?n hasil observasi untuk aktivitas guru meningkat menjadi 80%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan daya serap klasikal 65?n ketuntsan klasikal 80%. Berdasarkan daya serap klasikal dan ketuntasan belajar klasikal pada kegiatan pembelajaran siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV di SDN Siney. Kata Kunci : Hasil Belajar, Strategi Pembelajaran Tipe Role Playing

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up