JudulPenerapan Model Pembelajaran Scramble Dalam Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas III SDIT Bina Anak Bangsa |
Nama: Nur Komaria |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Nur Komaria, 2019. Penerapan Model Pembelajaran Scramble dalam Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas III SDIT Bina Anak Bangsa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing : Saharudin Barasandji. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui model pembelajaran Scramble di SDIT Bina Anak Bangsa. Bentuk penelitian ini adalah PTK. Rencana penelitian tindakan kelas ini menggunakan 2 siklus, yang terdiri dari : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi, dan (4) refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDIT Bina Anak Bangsa yang berjumlah 22 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat pada tes evaluasi yang diberikan pada siklus I dimana diperoleh daya serap klasikal sebesar 73,01 dengan presentase ketuntasan belajar klasikal 68,19?n pada siklus II diperoleh daya serap klasikal sebesar 84,65 dengan presentase ketuntasan belajar klasikal 90,91%. Berdasarkan indikator kinerja penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Model Pembelajaran Scramble , Hasil Belajar |