Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHERPADA MATERI KPK DAN FPB DI KELAS IV SDN 4 PALU
Nama: Ni Kadek Sunarmi
Tahun: 2019
Abstrak
Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa pada materi KPK dan FPB melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together di kelas IV SDN 4 Palu?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi peningkatan hasil belajar siswapada materi KPK dan FPB melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together di kelas IV SDN 4 Palu, dengan desain penelitian mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi 4 komponen yaitu : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi dan (4) Refleksi. Model pembelajaran kooperatif tipe NHT terdiri dari 4 fase pembelajaran yaitu: (1) Penomoran, (2) Mengajukan Pertanyaan, (3) Berfikir Bersama dan (4) Menjawab. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dalam dua siklus dengan subyek siswa kelas IV SDN 4 Palu dengan jumlah siswa 20 orang yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data ada dua yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif.Dari hasil tes awal diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 60%.Selanjutnya penelitian siklus I diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 80%, adapun dari hasil observasi aktivitas siswa dan aktivitas guru pada siklus I masing-masing pada kategori baik.Sementara hasil penelitian pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 90%.Adapun dari hasil observasi aktivitas siswa dan guru pada siklus II dalam kategori sangat baik.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi KPK dan FPB di kelas IV SDN 4 Palu.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up