JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENJUMLAHAN PECAHAN DI KELAS V SD INPRES 004 TIKKE |
Nama: Fitri Rabiatul Anisa |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Fitri Rabiatul Anisa. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Penjumlahan Pecahan Di Kelas V SD Inpres 004 Tikke. Skripsi, program Studi strata satu Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikann Universitas Tadulako, Pembimbing Hj. Akina. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan pecahan di kelas V SD Inpres 004 Tikke? Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan pecahan. Hasil penelitian menggambarkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa dapat di lihat dari nilai rata-rata tes dan presentase ketuntasan belajar siswa dari tes akhir siklus I dan tes akhir siklus II. Nilai rata-rata siswa pada akhir siklus I adalah 78 dan nilai rata-rata pada akhir siklus II adalah 85. Pada hasil tes akhir siklus I sebanyak 15 orang siswa telah mencapai KKM dengan persentase kentuntasan 75?n tes akhir siklus II yaitu 18 orang siswa dengan persentase ketuntasan 85%. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I berada pada kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II berada pada kategori sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II berada pada kategori sangat baik. Dari hasil siklus I dan siklus II terjadi peningkatan hasil belajar, dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match, Penjumlahan Pecahan. |