Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas III Pada Mata Pelajaran IPA Di SDN 4 Banawa
Nama: CHAERINI QISHAN
Tahun: 2019
Abstrak
Chaerini Qishan (2019), Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Kelas III pada Mata Pelajaran IPA di SDN 4 Banawa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Kasmudin Mustapa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPA di SDN 4 Banawa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental. Penelitian quasi experimental (eksperimen semu) bertujuan untuk mengetahui suatu gejala atau pengaruh yang timbul, sebagai akibat dari adanya perlakuan tertentu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 4 Bawana. Sampel pada penelitian ini berjumlah 46 orang siswa, 26 siswa kelas eksperimen dan 20 siswa kelas kontrol. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan angket (kuesioner). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji hipotesis dan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis uji statistik tersebut yaitu uji hipotesis diperoleh nilai thitung = 6,68 dan nilai pada ttabel = 1,68. Hal ini menunjukkan bahwa thitung ? ttabel atau 6,68 ? 1,68. Hal ini berarti, nilai thitung berada diluar daerah penerimaan H0. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Begitupun pada hasil analisis statistik deskriptif motivasi belajar, setelah diuji hipotesis diperoleh nilai thitung = 4,52 dan nilai pada ttabel = 1,68. Hal ini menunjukkan bahwa thitung ? ttabel atau 4,52 ? 1,68, Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa. Kata Kunci: Media Pop-Up Book, Hasil Belajar, dan Motivasi Belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up