JudulPemanfaatan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN Tondo |
Nama: NELVAYANTI |
Tahun: 2019 |
Abstrak Nelvayanti, 2019. Pemanfaatan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN Tondo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Arif Firmansyah. Pembimbing (II) Rizal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat siswa sehingga hasil belajar tidak optimal pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN Tondo. Hal ini disebabkan proses pembelajaran mata pelajaran IPS pada umumnya berjalan monoton, proses pembelajaran yang dikembangkan guru dari materi kemateri tidak pernah lepas dari penggunaan metode ceramah, dilanjutkan Tanya jawab, dan diakhiri dengan latihan mengerjakan soal-soal. Rumusan masalah penelitian ini adalah “apakah dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN Tondo?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN Tondo dengan menggunakan media gambar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), desain penelitian ini mengacu pada desain penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi dan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, pemberian tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus di kelas IV SDN Tondo dengan jumlah 28 siswa, 19 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bukti bahwa pada siklus I yaitu diperoleh hasil observasi aktivitas guru dengan persentase rata-rata 77,3% termasuk dalam kategori baik, hasil observasi aktivitas siswa 77,3% termasuk dalam kategori baik, pada siklus II mengalami peningkatan yaitu diperoleh hasil observasi aktivitas guru dengan persentase rata-rata 97,6% termasuk dalam kategori sangat baik, hasil observasi aktivitas siswa 96,4% termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil belajar siklus I diperoleh KBK sebesar 71,4?ngan jumlah yang tuntas 20 orang siswa dan yang belum tuntas 8 orang, pada siklus II diperoleh KBK sebesar 96,4?ngan jumlah yang tuntas 27 orang siswa dan 1 orang siswa yang masih belum tuntas. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Hasil Belajar, Media Gambar, Ilmu Pengetahuan Sosial |