JudulMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Inpres Kayumalue Pajeko Melalui Metode Modeling |
Nama: NORWANTI BABAO |
Tahun: 2019 |
Abstrak Norwanti babao (2014), Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Inpres Kayumalue Pajeko melalui Metode Modeling. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan , Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Ulinsya, pembimbing (II) Yun Ratna Lagandesa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui metode modeling di kelas IV SD Inpres Kayumalue Pajeko. Masalah penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya materi pesan telepon. Sehingga rumusan masalah yang yang diajukan yaitu apakah melalui metode modeling dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas IV SD Inpres 1 Kayumalue Pajeko. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Adapun tahapan dalam penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, obsevasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa serta data hasil belajar yang diambil dari tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I pengamat melihat aktivitas siswa masuk dalam kategori kriteria baik dan aktivitas guru masuk dalam kategori kriteria baik. Pada tindakan siklus II pengamat melihat rata-rata aktivitas siswa dan aktivitas Guru sudah masuk dalam kategori sangat baik. Sedangkan untuk hasil belajar siswa pada tindakan siklus I daya serap klasikal mencapai 66,11%, sedangkan pada tindakan siklus II daya serap klasikal 80,55%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan ketuntasan belajar klasikal 75%. Berdasarkan daya serap klasikal dan ketuntasan belajar klasikal pada pembelajaran pada siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa pengunaan metode modeling dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV di SD Inpres Kayumalue Pajeko. Kata Kunci : Hasil Belajar Bahasa Indonesia, dan Metode Modeling |