JudulIMPLEMENTASI KOMPETENSI SOSIAL GURU PADA MASA PANDEMI TERHADAP HASIL BELAJAR SBDP KELAS V SDN 15 DAMPELAS |
Nama: RIKI FERNANDO |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Riki Fernando, 2021. Implementasi Kompetensi Sosial Guru pada Masa Pandemi terhadap Hasil Belajar SBdP Kelas V SDN 15 Dampelas. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Yun Ratna Lagandesa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi Kompetensi Sosial Guru pada Masa Pandemi terhadap Hasil Belajar SBdP Kelas V SDN 15 Dampelas. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan Desain penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang dilaksanakan di SDN 15 Dampelas kabupaten Donggala. Dengan jumlah sampel sebesar 25 orang siswa. Berdasarkan hasil dan pembahasan, deperoleh indikator jawaban pada pilihan jawaban “selalu” diperoleh presentase sebesar 38,5%, indikator jawaban pada pilihan jawaban ”sering” diperoleh presentase sebesar 46,5%, indikator jawaban pada pilihan jawaban “jarang” diperoleh presentase sebesar 12,9%, dan indikator jawaban pada pilihan jawaban “tidak pernah” diperoleh presentase sebesar 2,2%. Selanjutnya setelah data berubah menjadi persentase, kemudian hasil dikelompokkan sehingga bersifat kualitatif. Data hasil jawaban positif “Selalu dan Sering” digabungkan sehingga diperoleh nilai presentase 84,9?ngan kriteria sangat baik dan hasil jawaban negatif “Jarang dan Tidak Pernah” digabungkan sehingga diperoleh nilai presentase 15,1?ngan kriteria kurang baik. Dari hasil yang telah diperoleh secara analisis dan kualitatif, maka disimpulkan bahwa kriteria implemetasi Kompetensi Sosial Guru pada Masa Pandemi terhadap Hasil Belajar SBdP Kelas V SDN 15 Dampelas masuk dalam kategori sangat baik. Kata Kunci: Kompetensi Sosial Guru, Pembelajaran SBdP pada Masa Pandemi Covid-19. |