JudulANALISIS FASILITAS SEKOLAH DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN JARAK JAUH (ONLINE) DI KELAS V SD INPRES BUMI SAGU PADA MATA PELAJARAN IPS |
Nama: ARDIANSYA |
Tahun: 2021 |
Abstrak Ardiansyah, 2020. Analisis Fasilitas Sekolah Dalam Menunjang Pembelajaran Jarak Jauh (Daring) khususnya pada mata pelajaran IPS (Ilmu pengtahuan sosial) di Kelas V SD Inpres Bumi Sagu (dibawa bimbingan Rizal). Jurusan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako Januari 2020 Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis fasilitas dalam pengelolaan pembelajaran daring. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Bumi Sagu dengan jumlah total 23 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dijelaskan oleh peneliti, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian ini adalah penelitian studi analisis dimana peneliti ingin melihat pemahaman guru dalam pengelolaan pembelajaran daring di kelas V SD Inpres Bumi Sagu dan melihat fasilitas yang ada disekolah serta fasilitas yang diberikan kepada guru dan siswa siswi. Tingkat pemahaman guru dalam mengelola pembelajaran online atau daring di SD Inpres Bumi Sagu masuk dalam kategori yang cukup baik dimana guru selalu melakukan koordinasi dan komunikasi yang baik kepada siswa. Dimana masih terdapat beberapa kendala dalam penggunaan fasilitas seprti leptop dan komputer, masih ada beberapa guru yang belum bisa mnggunakan fasilitas yang ada. Apabila siswa menemukan suatu kendala dari materi yang diajarkan guru, guru kelas V SD Inpres Bumi Sagu dengan memanfaakan media social Facebook, Whatsapp dan telegram melakukan pengarahan kepada siswa-siswanya. Guru kelas V SD Inpres Bumi Sagu juga biasa memberikan arahan pada saat melakukan evauasi agar siswa dapat memahami kembali materi yang telah dijelaskan dalam pertemuan secara daring atau online. Selain menggunakan google meet guru juga memaksimalkan kelas dengan menerapkan aplikasi-aplikasi pembelajaran online seperti Quizezz, Google form, Youtube dan Google Classroom. Aplikasi ini digunakan dalam pengelolaan LMS (Learning Management System) dalam mengolah nilai dan keaktifan siswa terhadap proses pembelajaran guru. Hal ini wajib dilakukan oleh guru agar siswa terus mengingat apa yang telah diajarkan. Selain itu dlam proses belajar gurub tetap menggunakan media buku paket yang telah diseiakan oleh sekolah. Jadi walaupun proses belajar dalam kondisi online siswa juga harus tetap memegang buku paket sebagai pegangan dalam belajar untuk menyesuaikan materi yang akan dijakarkannoleh guru. Kata Kunci: Pemahaman Guru, Fasilitas Sekolah, Pengelolaan Pembelajaran Daring. |