Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS V SDN INPRES 3 LOLU KEC. PALU TIMUR KOTA PALU
Nama: SUKRI M O OBO
Tahun: 2019
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui pendekatan Problem Based Learning pada siswa kelas V SDN Inpres 3 Lolu, dengan desain penelitian mengacu pada model Kemmis dan Mc.Taggart yang meliputi 4 komponen, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan subyek siswa kelas V SDN Inpres 3 Lolu dengan jumlah siswa 38 orang yang terdiri dari 19 orang laki-laki dan 19 orang perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Teknik analisis data ada dua yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini di peroleh hasil tindakan siklus I yaitu jumlah siswa yang tuntas 16 orang dari 38 orang siswa yang mengikuti tes awal dengan ketuntasan klasikal sebesar 61,57% kategori cukup. Selanjutnya aktivitas guru pada siklus I yaitu 75% atau berada dalam kategori baik dan aktivitas siswa 60,93% atau berada pada kategori cukup. Tindakan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 34 orang dari 38 orang siswa yang mengikuti tes akhir dengan ketuntasan klasikal 84,73% kategori baik. Serta aktivitas guru pada siklus II yaitu 93,75% atau berada pada kategori sangat baik, dan aktivitas siswa pada siklus II yaitu 82,81 atau berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Inpres 3 Lolu Kota Palu.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up