JudulPENINGKATAN KETERAMPILAN SISWA MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN DENGAN MENGUNAKAN MEDIA GAMBAR KONTEKSTUAL DI KELAS 1 SDN 20 BALAESANG TANJUNG |
Nama: WINDA |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Winda, (2021). Peningkatan Keterampilan Siswa Membaca dan Menulis Permulaan dengan Menggunakan Media Gambar Kontekstual Di Kelas 1 SDN 20 Balaesang Tanjung. Skripsi Program Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.Pembimbing Muhammad Aqil Permasalahan dalam penelitian ini adalah, apakah kemampuan membaca dan menulis permulaan di kelas I SDN 20Balaesang Tanjung dapat ditingkatkan dengan menggunakan media gambar Kontekstual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca dan menulis di kelas I SDN 20Balaesang Tanjung. Subjek penelitian tindakan kelas ini dengan jumlah20 siswa yang terdiri dari atas 7 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuantitatif tes hasil belajar berupa tes prakter bernyanyi dengan menggunakan kriteria penilaian. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan siswa membaca dan menulis permulaan dengan menggunakan media gambar kontektul yakni dengan presentase peningkatan kemampuan siswa pada penelitian sebelum tindakan terdapat 6 siswa 30% yang termasuk dalam kategori kurang. Pada penelitian siklus I menunjukkan presentase aktivitas guru sebesar 80% (kriteria baik), persentase aktivitas siswa sebesar 60% (kriteria cukup), serta rata-rata hasil penilaian kemampuan siswa membaca dan menulis permulaan adalah 65?ngan kriteria cukup. Pada siklus II persentase penilaian aktivitas guru sebesar 90% (kriteria sangat baik), persentase penilaian aktivitas siswa sebesar 90% (kriteria sangat baik), serta rata-rata hasil penilaian kemampuan siswa membaca dan menulis permulaan melalui media kartu huruf sebesar 95% (kriteria sangat baik). hasil tersebut secara keseluruhan telah mencapai kriteria yang ditetapkan yakni, daya serap individual minimal 65%, daya serrap klasikal 70?n ketuntasan klasikal 80%, maka dianggap tuntas belajar. dengan demikian, melalui media gambar Kontekstual dapat meningkatkan kemampuan siswa membaca dan menulis pada siswa kelas 1 SDN 20Balaesang Tanjung. Kata Kunci: Kemampuan Membaca dan menulis Permulaan, Media Gambar Kontekstual |