JudulSTRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN 15 DAMPELAS |
Nama: ADITYA WIYATAWAN |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Aditya Wiyatawan, 2021. Strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas IV di SDN 15 Dampelas. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Arif Firmansyah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas IV di SDN 15 Dampelas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian jenis deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan SDN 15 Dampelas Desa Lembah Mukti, Kec. Dampelas, Kab. Donggala Prov. Sulawesi Tengah pada Tahun Ajaran 2020/2021. Sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 20 orang siswa pada kelas IV. Berdasarkan hasil penelitian deperoleh hasil bahwa rata-rata jawaban responden tentang strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas IV di SDN 15 Dampelas yaitu 26,67% sangat sesuai, 48,33% sesuai, 10% cukup sesuai, 8,54% tidak sesuai, dan 6,46% sangat tidak sesuai. Dari hasil ini kita dapat mengambil kesimpulan bahwa strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas IV di SDN 15 Dampelas pada masa pandemi covid-19 saat ini masuk dalam kategori sesuai dengan presentase 48,33%. Kata Kunci: Strategi Guru, Kesulitan Belajar |