JudulPERANAN KEPEMIMPINAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SDN 27 PALU |
Nama: DARYONO MALAKU |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Daryono Malaku, 2019. Peranan kepemimpinan guru terhadap prestasi belajar siswa di SDN 27 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing , Rizal. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 27 Palu kecamatan Palu timur Kota Palu Sulawesi Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan kepemimpinan guru terhadap prestasi belajar siswa di SDN 27 Palu. Subjek penelitia ini adalah kelas V sebanyak 27 siswa dimana semua siswa sebagai responden. Data yang dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskripsi kualitatif yaitu menggunakan rumus P = ???? ???? x 100 ?rdasarkan hasil yang telah diperoleh keseluruhan hasil data angket, 48,33% kepemimpinan guru selalu berperan terhadap prestasi belajar siswa kelas V SDN 27 Palu, 37,78% kepemimpinan guru sering berperan terhadap prestasi belajar siswa kelas V SDN 27 Palu, 12,41% kepemimpinan guru kadang-kadang berperan terhadap prestasi belajar siswa kelas V SDN 27 Palu dan 1,30% kepemimpinan guru tidak perna berperan terhadap prestasi belajar siswa kelas V SDN 27 Palu. Kata kunci : Kepemimpinan Guru, Prestasi Belajar Siswa. |