Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA SDN 8 Rio Pakava
Nama: NI NYOMAN SUTRINI
Tahun: 2019
Abstrak
Sutrini, Ni Nyoman. Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA SDN 8 Rio Pakavaā€¯ Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing Ratman. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA SDN 8 Rio Pakava. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain Pretest dan Postest Control Group Design. Populasi adalah seluruh kelas IV SDN 8 Rio Pakava yang terdiri dari 40 siswa. Sampel dari penelitian ini berjumlah 20 siswa.Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu kelas IV A berjumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas IV B berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa 20 soal berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis pada penelitian ini adalah uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t diperoleh t-hitung = 2,56 dan t-tabel = 2,02 dengan taraf signifikan 5% yang berarti t-hitung > t-tabel (2,56 > 2,02), maka HO ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukan bahwa medel pembelajaran Talking Stick berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci : Model pembelajaran talking stick, hasil belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up