JudulKEMAMPUAN SISWA DALAM MENYANYIKAN LAGU NASIONAL KEBANGSAAN INDONESIA DI SDN 19 SINDUE |
Nama: KARTINI |
Tahun: 2019 |
Abstrak Kartini, 2018. Kemampuan Siswa dalam Menyanyikan Lagu Nasional Kebangsaan Indonesia di SDN 19 Sindue. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Huber Yaspin Tandi, (II) Yun Ratna. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana kemampuan siswa dalam menyanyikan lagu nasional kebangsaan Indonesia di SDN 19 Sindue. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyanyikan lagu nasional kebangsaan Indonesia di SDN 19 Sindue. Jenis Penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Data kualitatif menghasilkan data deskriptif bersumber dari lisan maupun tulisan setiap informasi mengenai studi kemampuan siswa dalam menyanyikan lagu nasional di SDN 19 Sindue. Waktu pelaksanaan penelitian ini berlangsung pada tahun ajaran 2017/2018. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 19 Sindue yang berjumlah 23 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar Pengamatan atau Rubrik kemampuan bernyanyi dan dokumentasi digunakan peneliti untuk memperoleh data mengenai kemampuan siswa dalam menyanyikan lagu Nasional kebangsaan Indonesia Raya di SDN 19 Sindue. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan siswa dalam menyanyikan lagu nasional masuk dalam kategori baik. Hal ini sesuai dengan data yang di peroleh dari penelitian dimana nilai akhir yang diperoleh siswa dengan kategori tertinggi yang didapatkan siswa adalah 80,8?n nilai akhir siswa dengan kategori terendah adalah 65,6?ngan jumlah nilai rata-rata 75,8%. Kata Kunci: Kemampuan Bernyanyi, Lagu Nasional Kebangsaan Indonesia. |