| JudulPENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PEMBERIAN REWARD DI KELAS IV SDN 5 PALU |
| Nama: PUTRI UTAMI YULIANNISA |
| Tahun: 2017 |
| Abstrak Putri utami yuliannisa, 2017. Peningkatan Motivasi Belajar siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Pemberian Reward di Kelas IV SDN 5 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Huber Yaspin, Pembimbing (2) Yun Ratna . Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN 5 Palu, permasalahan pada penelitian ini yaitu rendahnya motivasi belajar siswa yang menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Berdasarkan permasalahan di atas maka rumusan masalah pada penelitian ini yaitu : Apakah penerapan reward dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV di SDN 5 Palu?. Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi siswa dengan diterapkan reward dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di SN 5 Palu. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan rancangan PTK. Subjek penelitianya yaitu siswa kelas IV SDN 5 Palu berjumlah 21 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitin ini mengunakan lembar observasi yang digunakan untuk mengamati aktivitas guru, aktivitas siswa, dan motivasi siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktifitas guru pada siklus I mencapai 56,25% dan aktivitas siswa mencapai 50,89% dalam kategori cukup, motivasi siswa mencapai 63% dalam kategori cukup. Pada siklus II mengalami peningkatan aktivitas guru mencapai 85%, aktivitas siswa mencapai 89,28% dalam kategori sangat baik, motivasi siswa mencapai 85,31% dalam kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa melalui pemberian reward pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan motivasi siswa kelas IV SDN 5 Palu. Kata kunci : pemberian reward, Motivasi belajar siswa, Bahasa Indonesia |