JudulPENGARUH METODE INKUIRI MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD INPRES 2 KAMONJI |
Nama: JUMRIANI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Jumriani 2019, Pengaruh Metode Inkuiri Menggunakan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD Inpres 2 Kamonji. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing I Ratman dan Pembimbing II Abdul Rahman. Penelitian ini menguji Pengaruh Metode Inkuiri Menggunakan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD Inpres 2 Kamonji. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh metode inkuiri menggunakan media video terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di SD Inpres 2 Kamonji. Sampel penelitian ini seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 33 orang siswa, pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan menguji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan adalah 1835 dan setelah diberikan perlakuan adalah 2520 hal ini menunjukkan adanya kenaikan hasil belajar siswa. Perolehan nilai tersebut jika di masukkan kedalam uji statistic t-score maka di peroleh nilai thitung yaitu 3,143. Jika thitung ini dikonsultasikan ke ttabel dengan jumlah sampel 33 dan taraf signifikan 5% (? = 0,05), db = 33 (N-1 atau 33-1), maka diperoleh nilai ttabel yaitu 2,037. Terlihat bahwa nilai thitung > ttabel dengan demikian maka H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPA sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan dengan menggunakan metode inkuiri, atau dapat dikatakan bahwa ada pengaruh metode inkuiri menggunakan media video terhadap hasil belajar IPA kelas IV SD Inpres 2 Kamonji. Kata Kunci : Pengaruh Metode Inkuiri, Media Video dan Hasil Belajar Siswa |