Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS V SDN TINANGGULI KEC. SARUDU KAB. MAMUJU UTARA
Nama: NUQMALIA
Tahun: 2017
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang memiliki dua siklus dan empat tahap, yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Penelitian tindakan ini bertujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Tinangguli. Masalah yang diteliti adalah rendahnya hasil belajar. Upaya pemecahan masalah yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode Demonstrasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Tinangguli yang berjumlah 27 orang siswa, yang terdiri dari 9 orang siswa laki-laki dan 18 orang siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui lembar observasi guru dan siswa serta tes hasil tindakan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan persentase Daya Serap Klasikal (DSK) siswa sebesar 70,37% serta persentase Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) sebesar 62,96%. Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase Daya Serap Klasikal (DSK) siswa sebesar 83,70% serta persentase Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) sebesar 100%. Berdasarkan persentase ketuntasan hasil belajar siklus I dan siklus II, maka telah terjadi peningkatan yang signifikan yaitu pada DSK terjadi peningkatan sebesar 13,33% dari siklus I sebesar 70,37% dan siklus II sebesar 83,70%. Begitu juga pada KBK terjadi peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 37,04% dari siklus I sebesar 62,96% dan siklus II sebesar 100%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi di kelas V SDN Tinangguli Kec. Sarudu Kab. Mamuju Utara dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up