JudulMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SBK Materi Seni Rupa Di Kelas IV SDN Silanga |
Nama: MEGA SILFIANA |
Tahun: 2021 |
Abstrak Mega Silfiana, 2018 “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SBK Materi Seni Rupa Di Kelas IV SDN Silanga”. Sripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Dr. Ulinsa. M. Hum, dan pembimbing (II) Yun Ratna Lagandesa. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah dengan menerapkan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran SBK materi seni rupa pada siswa kelas IV SDN Silanga?. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran SBK materi seni rupa pada siswa kelas IV SDN Silanga melalui penerapan metode demonstrasi. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua tahap. Adapun tahapan dalam penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa, hasil observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menujukan bahwa pada tindakan siklus I diperoleh presentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 33,3% namun hasil belajar tersebut belum mencapai indikator pencapaian yakni 85%, maka dilanjutkan pada siklus II. Pada tindakan pelaksanaan siklus II diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 83,3 % terdapat 11 orang siswa yang tuntas dari 12 siswa yang mengikuti tes I. Hasil observasi aktivitas guru, meningkat dari 82,8 % pada siklus I menjadi 83,3 %. Aktivitas siswa meningkat dari 60% pada siklus I menjadi 82,8 % pada siklus II dengan demikian , dapat disimpulkan bahwa melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBK materi seni rupa pada siswa kelas IV SDN Silanga. Kata Kunci: Hasil Belajar, Seni Rupa, Metode demonstrasi |